SEMINAR NASIONAL OTOMOTIF 2016

Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif bersama Himpunan Mahasiswa Otomotif FT UNY menyelenggarakan Seminar Nasional Otomotif dengan pembicara utama, Ricky Elson dari Founder Lentera Bumi Nusantara, Dr. Zainal Arifin, M.T dari Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY dan Prof. Dr. Herminarto Sofyan M.Pd dari Guru Besar Fakultas Teknik UNY (06/11-2016) di Aula KPLT FT UNY. Dengan mengangkat tema “Pengembangan Kendaraan Hemat Energi dan Ramah Lingkungan untuk Kemandirian Transportasi Nasional di Era MEA”. lebih dari 200 peserta antusias mengikuti kegiatan ini, terdiri dari mahasiswa UNY, mahasiswa luar UNY, guru SMK, dan dari Birokrasi FT UNY. Selain itu Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Bapak Dr. Widarto M.Pd berkenan memberikan sambutan pada acara ini. Dengan adanya prosiding sejumlah 6 pemakalah dari beberapa instansi kependidikan maupun non kependidikan yang mendukung dari materi yang disampaikan oleh ketiga pembicara utama.

Ricky Elson menuturkan bahwa jika kendaraan di Indonesia masih menggunakan bahan bakar minyak tidak menutup kemungkinan persediaan bahan baku minyak akan musnah, maka diperlukan adanya kendaraan yang menggunakan energi terbarukan yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. “mahasiswa harus lebih aktif dalam pengembangan kendaraan hemat energi terutama mobil listrik yang memiliki efisiensi lebih baik dari bahan bakar minyak,” imbuhnya.

“Perilaku berkendara memiliki dampak yang besar dalam keselamatan berkendara, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat menjadi pelopor keselamatan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas,” kutipan pembahasan yang disampaikan oleh Dr. Zainal Arifin M.T.

“Indonesia harus benar-benar siap dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk menghadapi Era MEA. Dibandingkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, Indonesia tertinggal jauh dalam kualitas Sumber Daya Manusia. Mahasiswa harus menjadi Agent of Change yang dapat bersaing dalam kualitas Sumber Daya Manusia dengan negara lain,” kutipan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Herminarto Sofyan M.Pd.

“Diharapkan setelah mengikuti Seminar Nasional Otomotif, seluruh peserta dapat mendapatkan informasi yang sangat penting dari ketiga pembicara dan bagi mahasiswa harus lebih aktif dalam mengembangkan kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan demi kemajuan transportasi nasional di Indonesia ”, imbuh Muhammad Dinata selaku Ketua Pelaksana Seminar Nasional Otomotif 2016.

Label Berita: