Bambang Sulistyo Dosen D3 Teknik Otomotif FT UNY

Ir. Bambang Sulistyo, S.Pd., M.Eng, salah seorang Dosen D3 Teknik Otomotif, FT UNY, turut serta dalam sebuah penelitian kerjasama luar negeri pada tahun 2017. Penelitian ini didanai oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian kerjasama luar negeri ini bekerja sama dengan Technische Universität Dresden dan bermaksud untuk melaksanakan benchmarking dalam penyusunan kurikulum pendidikan vokasi, terutama terkait dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Jerman adalah negara yang dianggap negara yang paling berhasil dalam pelaksanaan pendidikan vokasi, sehingga negara tersebut menjadi tujuan dalam penelitian ini. Tempat penelitian adalah beberapa sekolah vokasi yang ada di Dresden, Jerman, dengan beberapa guru menjadi respondennya. Studi ini juga melaksanakan observasi langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung dan wawancara kepada beberapa peserta didik.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memperkaya materi yang akan digunakan untuk menyusun kurikulum dalam pendidikan vokasi di Indonesia. Kerjasama penelitian ini merupakan salah satu bentuk nyata kerjasama Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan Technische Universität Dresden yang sudah terjalin sejak lama.(Sekjur)

Label Berita: