Simulator Central Door Lock : Wujud Karya Nyata Tim PPM Dosen Vokasi UNY Kampus Wates

Penilaian capaian dari target kinerja suatu perguruan tinggi dapat dilihat melalui Indicator Kinerja Utama atau yang sering disebut dengan IKU. Seluruh Perguruan Tinggi harus berpedoman pada IKU yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020. Tujuan dari Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi adalah Perguruan Tinggi mampu mewujudkan kemajuan yang pesat sesuai dengan rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 8 Indicator Kinerja Utama yang harus diikuti oleh setiap Perguruan Tinggi adalah  (1) Lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak; (2) Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus; (3) Dosen berkegiatan di luar kampus; (4) Praktisi mengajar di dalam kampus; (5) Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional; (6) Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia; (7) Kelas yang kolaboratif dan partisipatif; (8) Program studi berstandar internasional.

Sebagai bentuk pelaksanaan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi, khususnya pada IKU 5 tentang hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, pada hari Senin, 14 Juni 2021 TIM PPM Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY melakukan serah terima media pembelajaran berupa simulator central door lock kepada SMK Ma’arif 1 Wates di Kulonprogo. Simulator central door lock ini merupakan karya inovatif dari TIM PPM Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY yang diketuai oleh Drs. Ir. Moch Solikin, M,Kes. Simulator central door lock diserahkan secara langsung oleh Ketua TIM PPM, Drs. Ir. Moch Solikin, M.Kes. yang didampingi oleh anggota TIM PPM dan diterima oleh Kepala Sekolah SMK Ma’arif 1 Wates H. Rahmat Raharja, S.Pd., M.Pd.I. di SMK Ma’arif 1 Wates, Kulonprogo. Selain melakukan serah terima simulator central door lock, TIM PPM juga memberikan pelatihan mengenai penggunaan simulator tersebut dan pengembangan perangkat pembelajaran bagi Guru TKR SMK Ma’arif 1 Wates. Acara yang diikuti oleh seluruh guru TKR SMK Ma’arif 1 Wates ini berlangsung dengan lancar dan peserta mengikuti kegiatan dengan antusias.

TIM PPM berharap dengan dilakukannya serah terima simulator central door lock ini, dapat membantu mempermudah guru dalam mentransfer ilmu pada siswa, khususnya pada saat materi mengenai central door lock. Selain mempermudah guru dalam mentransfer ilmu, diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan minat untuk belajar mengenai central door lock akan bertambah. Hal ini juga disambut dengan baik oleh Kepala Sekolah SMK Ma’arif 1 Wates, beliau juga berharap dengan adanya simulator ini, selain mempermudah dalam proses pembelajaran, kerja sama antara UNY khususnya Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dengan SMK Ma’arif 1 Wates tetap terjaga dan terus berkembang.

 

Referensi :

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2020. Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.

Label Berita: