Tinjuan Kurikulum Mesin Otomotif Sarjana Terapan

FGD Tinjauan Kurikulum

Godean (30/9) Prodi Mesin Otomotif melaksanakan FGD terkait tinjauan kurikulum dengan melibatkan Dosen Prodi Mesin Otomotif, Tendaga Kependidikan, Praktisi, Alumni, serta Mahasiswa. Pelaksanaan FGD secara blended dengan melibatkan industri serta alumni di Jerman dan Jakarta.

Agenda dibuka oleh Moch Solikin selaku koorprodi Mesin Otomotif. Solikin menyampaikan terkait tantangan kurikulum merdeka yang memberikan peluang mahasiswa untuk kuliah 20 SKS dalam satu semester di luar prodi. Diskusi dimoderatori oleh Yoga Guntur.

Syifa Ahmadi dari PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menyampaikan dari pandangan industri, lulusan menjadi service manager perlu melalui tahap MT Career dengan tiga tahapan yakni Technician, Foreman, Service Advisor. Dengan saran basic technician tentang how to access servise manual perlu disampaikan. Dari tahap foreman perlu dikondisikan adalah kemampuan communication and leadership skills. Service advisor terkait complaint handling management. Dengan saran akhir terkait managerial skills. Perlu motivation skills untuk menguatkan visi dan tujuan karir mahasiswa

Nugroho Budi Utomo dari PT. Hari Mukti Teknik alumni Quick menyampaikan, terkait kebutuhan SDM dari industri dibutuhkan untuk produksi terbatas, perawatan, serta produksi massal. Perkembangan industri manufaktur saat ini ada tiga diantaranya adalah revolusi industri 4.0 (digitalisasi, AI, Otomasi); membutuhkan lulusan siap pakai terkait ilmu terapan serta membutuhkan waktu adaptasi yang cepat.

peserta FGD tinjauan Kurikulum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mass production mesin otomotif membutuhkan aspek RnD, Training Center, Maintenance, Painting, Final Inspection, After Sales Service. Berbagai bidang kompetensi yang sesuai dengan prodi Mesin Otomotif dalam bidang Designer, Pusdiklat, Painting, Quality Control dan Marketing. Merujuk pada kebutuhan industri tersebut berikut masukan dari Nugroho: (1) Statistik Terapan (2) Metopen sasaran jelas (3) Teknologi body dan pengecatan lebih dikuatkan (4) Elemen Mesin Otomotif dan alat bahan Otomotif terkait kode bahan dan komponen (5) Matematik Teknik difokuskan (6) Gambar Teknik 2 – Desain Otomotif 3 (7) dikenalkan modul praktek dan evaluasi dan (8) menyediakan tabel praktis untuk pedoman praktis mahasiswa.

Label Berita: