Capaian Pembelajaran Program Studi Sarjana Terapan Mesin Otomotif

CPL 1

Kemampuan Intrapersonal

  • Mampu mengenali, menganalisa kelebihan, kekurangan, keterbatasan dalam diri, kemampuan untuk megendalikan diri dan mampu menunjukkan sikap religius, nasionalisme, serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

CPL 2

Kemampuan Interpersonal

  • Menunjukkan pemahaman tentang masalah sosial, kemanusiaan, kesehatan, keselamatan kerja, lingkungan hidup, regulasi dan budaya serta tanggung jawab dan norma yang ditimbulkan dari praktik teknologi rekayasa otomotif dan pembangunan transportasi berkelanjutan.
  • Memahami dan berkomitmen pada etika dan tanggung jawab profesional serta norma praktik di dunia industri dan rekayasa otomotif.

CPL 3

Kemampuan Sains Dasar (Basic Science)

  • Mengaplikasikan pengetahuan matematis, sains, pengolahan data, dan fundamental keteknikan lainnya, untuk mendefinisikan dan mengaplikasikannya dalam prosedur, proses, atau metodologi dalam sistem teknologi otomotif secara mendalam.

CPL 4

Kemampuan Teknologi Otomotif

  • Mampu mendefinisikan permasalahan dalam bidang otomotif dan berkontribusi dalam prinsip, metoda, dan teknik pada teknologi otomotif meliputi teknologi motor bensin, motor diesel, motor listrik/ hybrid, sistem kelistrikan dan elektronika otomotif, sistem pemindah daya, sistem rem, sistem kemudi, sistem suspensi, bodi dan pengecatan kendaraan, untuk memenuhi kebutuhan tertentu dengan mempertimbangkan keselamatan kerja, budaya, sosial, lingkungan, pengetahuan, ketrampilan dan aplikasi yang faktual dalam kaitannya dengan teknologi otomotif secara mendalam.

CPL 5

Kemampuan Management

  • Mendemonstrasikan kesadaran dan memiliki kemampuan manajemen, kemampuann bisnis praktis yang diterapkan dalam industri manufaktur, bengkel dan pemasaran otomotif yang menerapkan teknologi informasi yang faktual.
  • Mampu memposisikan diri secara efektif sebagai individu, bekerjasama secara efektif dalam tim, bekerja dalam tekanan dan mampu memimpin dalam sebuah kelompok serta memberdayakan sumber daya yang tersedia.

CPL 6

Kemampuan Belajar Berkelanjutan (Learning Skill)

  • Memiliki prinsip dan teknik berkomunikasi secara simbol, lisan dan tulisan dengan penggunaan bahasa nasional dan internasional yang efektif.
  • Mengenal kebutuhan dan memiliki kemampuan untuk kemandirian belajar dan belajar sepanjang hayat dalam kaitannya dengan teknologi otomotif, teknologi digital dan technopreneur.
  • Mengidentifikasi permasalahan, mencari dan memilih data yang relevan dari berbagai literatur, dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bidang keilmuan otomotif dengan menggunakan metodologi ayng tepat hingga menghasilkan suatu kesimpulan yang valid dengan menggunakan peralatan dan metodologi yang sesuai dalam ranah teknik otomotif serta implementasi bidang keilmuan.