OTO Preneur : Wujud adanya kewirausahaan Mahasiswa D4 Mesin Otomotif

Pada tanggal 5 Januari 2020 dibentuk OTO PRENEUR. OTO PRENEUR merupakah suatu wadah kegiatan kewirausahaan bagi mahasiswa Sarjana Terapan Mesin Otomotif FT UNY. OTO PRENEUR ini dikelola dan dijalankan oleh seluruh mahasiswa program studi Sarjana Terapan mesin Otomotif. Dengan Kepala OTO PRENEUR yaitu Muhammad Saifannur Falah, Kepala OTO Service yaitu Umar Aminudin, dan Kepala OTO Café Pajidu Marinyo Kause. OTO PRENEUR kini menaungi dua bentuk usaha, yaitu OTO Café dan OTO Service.

Usaha OTO Cafe merupakan bentuk usaha yang menggeluti bidang kuliner. OTO Café menyediakan segala bentuk minuman dan cemilan serta tempat belajar dan diskusi bagi Mahasiswa Vokasi dan masyrakat sekitar Kampus Wates. Usaha OTO PRENEUR yang meliputi OTO Cafe kami dirikan mengingat banyaknya partisipan dari mahasiswa akan kebutuhan untuk tempat berdiskusi dan belajar bersama. Bagi Mahasiswa, kebutuhan akan tempat belajar dan berdiskusi yang nyaman dan kekinian sangat dibutuhkan di sekitar Kampus Wates. Mengingat disekitar Kampus Wates sangat sedikit usaha yang menyediakan Café ramah pelajar.

Usaha OTO Service adalah usaha yang menawarkan jasa servis perawatan kendaraan(servis), jasa ganti oli, jasa cuci steam kendaraan dan jasa service lainya. Usaha ini kami rencanakan karena di sekitar kampus wates masih belum/jarang tersedia bengkel servis dan cuci steam kendaraan, dan mengingat banyakanya lalu lalang kendaraan yang melintasi jalan Mandung kota Wates serta lokasi yang strategis di wilayah kota Wates terutama di sekitar UNY Kampus Wates peluang untuk membuka usaha ini sangat baik. Mengingat usaha ini baru akan dibentuk, maka untuk proses awal akan membutuhkan metode pemasaran yang lebih untuk menarik pelanggan.

Keunggulan dari usaha OTO PRENEUR yang meliputi OTO Café keunggulanya kami akan menggunakan konsep café ala otomotif dan tentunya kekinian, baik tempat, aksesoris,peralatan kami konsepkan sedemikian rupa ala otomotif dan pada tempat pemesanan dan pelayanan kami menggunakan mobil jenis Volkswagen yang dapat menarik minat dan tentunya sesuai dengan basic prodi kami yaitu bidang otomotif. Pada café kami juga menyediakan WIFI, tempat buku-buku literasi belajar, dan tempat yang kami konsepkan sedemikian rupa menjadi café yang merdeka belajar bagi para mahasiswa, yang menjadi sarana belajar dan berdiskusi kelompok yang nyaman dan kekinian, selain itu Café kami memiliki keunggulan berada di tempat yang strategis untuk diharapkan dapat menarik minat para mahasiswa dikarenakan tempat café kami akan didirikan di samping hall UNY kampus Wates, tepat di depan laboratorium praktik Teknik Otomotif.

       OTO Service memiliki keunggulan dari tempat yang strategis karena letak usaha kami berada di samping Laboratorium teknik otomotif yang berada di pinggir jalan Mandung kota Wates dan masih berada di area kampus, selain letaknya untuk pelayanan kami akan menggunakan konsep cuci stim bagi para customer yang servis di tempat kami, akan kami lakukan cuci stim.

Mahasiswa Sarjana Terapan Mesin Otomotif merencanakan untuk membuat usaha OTO PRENEUR karena peluang dan kesempatan yang lebar untuk belajar berwirausaha, meningkatkan leadership, meningkatkan kerja tim serta dapat meningkatkan kemampuan berorganisasi demi kemajuan Program Studi Sarjana Terapan Mesin Otomotif.

Label Berita: